Anak… Anugerah dan Amanah

Tahukan anda bahwa anak adalah satu-satunya perhiasan dunia yang paling baik bagi ibu dan bapaknya ketimbang harta dan kedudukan …?????

Semua orang pasti mengetahui bahwa anaklah yang lebih berguna bagi orang tuanya dalam segala keadaan ketimbang harta dan kedudukan. Setiap orang berkorban jauh lebih besar demi anak dan mengutamakannya ketimbang berkorban demi harta dan jabatan. Sebab harta dan jabatan tidak bisa merawat pemiliknya ketika sakit, dan tidak mampu memberikan bantuan sebagaimana anak sholeh jika orang tuanya membutuhkan. Harta dan jabatan tidak sanggup menghibur sedikitpun ketika pemiliknya mengalami kesusahan, dan kegelisahan atau menghadapi musibah. Selain itu keduanya juga tidak bisa selamanya menyayangi, mencintai, memuliakan, taat, dan memdoakan pemiliknya.

7

Oleh karena itu seharusnya para orang tua, khususnya para ibu lebih mengutamakan tarbiyah(pendidikan) bagi anak-anaknya. Mendahulukan rasa cinta kepada anak-anak daripada harta dan pekerjaan. Betapa banyak kaum ibu yang lebih mengutamakan kerjaannya, baik usaha perniagaan maupun karier dengan mengabaikan dan menomorduakan tarbiyah anak. Tidak jarang kita dapati seorang ibu yang sangat sabar dan tekun melakukan pekerjaannya sementara untuk mentarbiyah anak-anaknya, terlebih jika menggangu dan merugikan usahanya ia tidak sabar. Ia lebih nyaman melihat anaknya belepotan ingus,ompol dan kotor oleh tanah dan debu daripada mengorbankan sedikit waktunya untuk segera bertindak dan mengurusi anaknya.Banyak para ibu yang tenang dan nyaman ketika anaknya bemain di luar rumah.Ia merasa tidak memiliki tanggung jawab untuk mengawasi dan memantau keadaannya, apakah mereka pergi jauh, bermain yang membahayakan, bermain dengan siapa, menjahili yang lain atau dijahili dan seterusnya.

Harus disadari bahwa setiap kesusahan yang menimpa terkait tarbiyah anak adalah ujian, supaya Alloh mengetahui kadar kesabaran kita. Seringkali kita dibuat kesal oleh anak-anak, baik dengan meminta sesuatu, ingin dimanja, rewel hanya karena suatu sebab yang sepele, nakal atau menampakkan sikap membangkang. Apabila kita mengetahui sebabnya, maka selesailah hal tersebut dengan hilangnya sebab. Jika selesai, Alhamdulillah, Namun jika tidak, maka sadarilah bahwa ini adalah ujian dari Alloh, apakah kita bersabar atau tidak.

Alloh telah mengingatkan para orang tua bahwa anak adalah fitnah dalam firman-Nya :

“Dan ketahuilah bahwa sesungguhnya harta dan anak-anak kalian adalah fitnah.” ( QS. al-Anfal:28 )

Fitnah disini maksudnya, gara-gara harta dan anak, seseorang lalai dari ibadah dan terjatuh dalam hal-hal yang haram, seperti mencari nafkah dengan jalan yang haram dengan alasan membiayai dan menafkahi anak.Dalam hal fitnah anak ini, manusia terbagi menjadi dua. Ada yang memanjakannya dengan memenuhi segala kemauannya dengan alasan kasih sayang sehingga anak rusak karenanya. Dan ada yang tidak peduli dengan kebaikan anaknya dengan anggapan bahwa anak menjadi beban berat serta penghalang baginya karena telah menyita banyak waktunya untuk berbisnis.Adapun yang beruntung adalah yang memiliki sifat seimbang antara berlebihan dan meremehkan.

Sangat disayangkan, betapa banyak orang tua yang mengabaikan tarbiyah (pendidikan) anak.Sampai akhirnya mereka menyesal dan hanya bisa berandai-andai dikemudian hari. Anak adalah amanat yang dititipkan sementara oleh Alloh kepada kita. Yang suatu saat nanti akan diminta kembali dan kita dimintai pertanggung jawaban atasnya. Bagaimana kita mengelolanya. Sebagai orang tua, kewajiban kita adalah mentarbiyah (mendidik) anak-anak kita dengan baik dan benar. Di dalam keluarganya anak akan mendapatkan pendidikan pertamanya. Dari orang tua, terutama dari ibu.Ibu adalah pendidik yang yAng utama, yang akan mengajarkan kepada anaknya segala hal. Mulai hal kecil sampai yang terbesar. Dan sebaik-baik tarbiyah anak adalah yang sesuai dengan Al Qur’an dan sunnah yang diajarkan Rosululloh. Semoga kita mampu menjadi orang tua yang bisa mentarbiyah anak kita dengan baik dan benar dan semoga anak kita menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Yang kelak akan selalu menyayangi kita dan selalu mendo’akan kita. Amin…..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s